UKM GO ONLINE!

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media terdahulu seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lai halnya dengan media sosial. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan media sosial dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Bisa dikatakan bahwa sekarang ini adalah eranya media sosial.

Di Indonesia media sosial menjadi sarana penyebar informasi, tren, hingga lifestyle. Misalnya peranan media sosial dalam menggembangkan industri kreatif dan UKM. Jika yang sebelumnya hanya transaksi ditempat, sekarang bisa berbelanja tanpa harus datang kelokasi penjual. Bentuknya beragam, tetapi pada umumnya, di media sosial, para industri kreatif dan UKM memanfaatkan pasar maya sebagai alat berpromosi, ditambah dengan harga yang relatif terjangkau.


The power of social media for small business memerlukan strategi yang baik dan peluang yang baik pula. Meskipun sekarang ini banyak pengusaha yang memasarkan produknya melalui media sosial, namun untuk bisa sukses berpromosi tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Dan tidak sedikit pelaku usaha yang akhirnya mengalami kegagalan ketika melakukan promosi di media sosial. Banyak pelaku UKM yang mempromosikan produknya di media sosial hanya sekedar ikut - ikutan tanpa memiliki tujuan. Selain belum memiliki tujuan, tidak jarang dari mereka menggunakan akun bisnisnya untuk urusan pribadi mereka.

Menyikapi hal tersebut, Pusat Pengelolaan Domain Indonesia, bekerja sama dengan Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Perdagangan serta Google memberikan layanan situs Web Gratis dengan domain .co.id dan web.id. Cara mendapatkannya mudah, tinggal registrasi dan mengikuti langkah - langkah di situs www.bisnisgoonline.co.id.

Bisnis Lokal Go Online

Setelah terdaftar, anda akan mendapatkan, Situs web gratis yang mudah diperbarui dan diganti sesuai dengan keinginan Anda, Alamat web.co.id gratis selama satu tahun, Tips dan pelatihan yang berkelanjutan.

The power of social media for small business juga memiliki banyak keuntungan. Pertama dengan menggunakan media sosial otomatis tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar. Keuntungan kedua adalah menjangkau pasar yang lebih luas. Dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi. Juga memberikan keuntungan non materi, yaitu dengan bertambah luasnya jaringan. Keuntungan terakhir yaitu waktu kerja yang tidak terbatas, bahkan nonstop 24 jam.

Hal yang paling penting dalam memasarkan produk melalui media sosial yaitu perhatikan privacy para konsumen. Hindari postingan yang isinya menjatuhkan atau menghina pihak - pihak tertentu (seperti pihak kompetitor Anda, konsumen, maupun golongan lainnya yang berhubungan dengan bisnis Anda). Dan yang wajib adalah cantumkan alamat dan kontak person yang dapat dihubungi, serta informasikan cara pembayaran dan proses pengiriman produk. Ingat saat ini banyak kasus penipuan yang sering terjadi melalui media sosial, karena itu untuk meyakinkan para calon pelanggan cantumkan kontak person yang dapat dihubungi agar konsumen tidak meragukan usaha yang sedang Anda jalankan.

Berikut adalah beberapa contoh media sosial yang populer di Indonesia yang bisa Anda pertimbangkan :

Toko Bagus

Berniaga.com

FJB Kaskus

Jadi, dengan menggunakan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produk unggulan UKM, dapat memperkecil biaya dan mendatangkan banyak keuntungan. Selain itu, strategi yang baik dan peluang yang baik juga dapat kita dapatkan dari Prasetiya Mulya Business School untuk mencapai hasil yang maksimal.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RECENT COMMENT

2012 Mukhamad Aji Putra. Diberdayakan oleh Blogger.