BALURAN NATIONAL PARK | EAST JAVA - INDONESIA

Taman nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan yang spesifik kering di Pulau Jawa, terdiri dari tipe vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun.



Inilah hamparan savana terluas di Pulau Jawa, membuat anda yang berkunjung disini serasa berada di Afrika.  Di Baluran anda akan disajikan sungguhan alam menakjubkan ketika ratusan rusa berlarian menuju kubangan air, merak jantan melebarkan ekornya untuk menarik perhatian sang betina, puluhan kerbau yang sangat besar, belasan elang mencari makan, lutung dan makaka. Belum lagi pepohonan khal Baluran yang mirip pohon pinang dan berbuah sekali seumur hidup kemudian mati.



Perjalanan menuju Taman Nasional Baluran memakan waktu kurang lebih 6 jam dari Surabaya. Terletak di kabupaten Situbondo dan sebagian Banyuwangi. Taman Nasional Baluran dapat dicapai dari Surabaya dengan menyusur pantai utara Jawa Timur ke arah timur, melewati kota Pasuruan, Probolinggo, Situbondo dan setelah Banyuputih, menuju ke selatan, dan sebelum desa Wongsorejo terdapat Visitor Center.



Fasilitas penginapan dapat ditemukan di Bekol dan pantai Bama. Di Bekol terdapat fasilitas rumah panggung berkapasitas 16 orang. Wisma tamu cukup untuk menampung 6 orang dan wisma peneliti berkapasitas 4 orang. Selain itu juga terdapat menara pandang di puncak bukit Bekol yang berketinggian 64 m dari permukaan laut, dari menara ini dapat dilihat berbagai jenis satwa.




Pemandangan di pantai Bama begitu indah, anda dapat melakukan kegiatan wisata bahari seperti snorkling, perahu menyusuri pantai, berkano atau bersampan, berenang, serta diving


Musim kunjungan terbaik adalah bulan Maret hingga Agustus setiap tahunnya. Anda dapat menyaksikan perkelahian antara rusa jantan pada bulan Juli hingga Agustus juga melihat sekawanan kera abu-abu yang memancing kepiting dengan ekornya saat air laut surut. Ada juga atraksi tarian burung merak saat musim kawin antara bulan Oktober hingga November.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kantor Taman nasional Baluran, Jl. Jendral A. Yani 108 Telp./Fax. (0333) 24119 Banyuwangi-68416.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RECENT COMMENT

2012 Mukhamad Aji Putra. Diberdayakan oleh Blogger.