DAIHATSU TERIOS, SAHABAT PETUALANG!

JEJAK PETUALANGAN TERIOS 7 WONDERS


Misi : Eksplorasi kekayaan alam 
dan budaya Indonesia.
Lokasi : Sumatera Coffe Paradise. 

Kamu tau nggak apa itu Terios 7-Wonders?

Yup,  Terios 7-Wonders merupakan serangkaian perjalanan yang bertujuan untuk mengguggah mata dunia akan kekayaan alam Indonesia khususnya pulau Sumatera. Perjalanan Daihatsu Terios 7-Wonders yang akan memakan waktu hingga 14 hari ini, fokus pada eksplorasi keindahan alam Sumatra hingga titik nol kilometer di Sabang. Dalam perjalanan ini juga, Daihatsu beserta tim yang melakukan ekspedisi, akan singgah di tujuh lokasi produsen kopi Luwak yang sudah ternama hingga mancanegara. Selain merangkum semua keindahan alam yang tersaji sepanjang rute perjalanan. Dan perjalanan ini merupakan bentuk uji performa Daihatsu Terios dengan beragam medan jalan yang memang sesuai dengan peruntukan Daihatsu Terios sebagai SUV sejati, hal ini sejalan dengan kampanyenya yaitu, Daihatsu Terios, Sahabat Petualang.
 Opening Ceremonial.
Opening Ceremony
Petualangan Terios 7-Wonders dimulai tanggal 10 Oktober 2012 dengan disaksikan oleh jajaran management dan staf Astra Daihatsu Motor. Tim petualang yang terdiri dari 10 orang akan melibas keindahan alam pulau Sumatera dengan tiga unit Daihatsu Terios TX-AT (2 unit) dan Terios MT (1 unit).

Day 1 Jakarta - Liwa
Menuju Liwa
 Perjalanan pembuka di hari pertama ini, tim akan menempuh jarak hingga 567 km dari Jakarta menuju Liwa. Liwa yang masuk dalam wilayah Lambung Barat, memiliki hawa yang sejuk khas pegunungan. Dan Liwa merupakan jalur strategis yang menghubungkan tiga wilayah provinsi, Lampung, Bengkulu dan Sumatera Selatan. Perjalanan yang akan di dominasi oleh jalan yang berliku dengan tanjakan yang terjal, merupakan tantangan awal yang akan segera dilakoni oleh Daihatsu Terios beserta tim 7-Wonders.

Pada etape pertama kali ini, tim juga mengeksplorasi pengolahan kopi di Liwa yang terkenal hingga mancanegara, dan ada 2 macam yang kopi Liwa yang sudah dikembangkan yaitu kopi beraroma ginseng dan kopi berorama pinang.

Day 2  Liwa - Lahat
Salah Satu Hasil Kopi di lahat
Pengolahan Kopi
Kota Lahat adalah kota tertua di Sumatera. Usia kota Lahat saat ni sudah mencapai 130 tahun. Budaya minum kopi sediri sudah berlangsung sejak dahulu. Di kabupaten Lahat banyak terdapat kebun kopi Hanya saja karena pemasarannya dikuasai tengkulak maka harga beli kopi dari petani kerap dipermainkan. Sehingga banyak yang mulai meninggalkan kebun kopi. Makanya perjalanan Terios 7-Wonders – Sumatera Coffee Paradise diharapkan bisa menggairahkan kembali para petani kopi di Lahat untuk mengolah kebun kopi yang lama ditinggalkan.

Day 3 Lahat - Pagar Alam
Kebun Kopi Pagar Alam
Letak pagaralam yang berada kurang lebih 1.000 m dpl di atas permukaan laut membuat udara lumayan sejuk. Di kanan kiri jalan selain teh dan kopi juga ada persawahan yang lumayan luas. Selain surganya kopi dan teh, karena kesuburan tanahnya pagaralam memang sebagai salah satu lumbung padi di Sumatera Selatan. 

Jalanan menuju kota Pagaralam agak sedikit bergelombang. Sekitar 20 menit keluar dari kota Lahat jalanan mulai berkelok-kelok. Memasuki perbatasan kota Pagaralam, kelokan jalanannya disertai dengan tanjakan terjal.
Jalanan Terjal
Untuk mengatasi handycap ini, shifter matik Terios pun berpindah-pindah. Ketika tanjakan lumayan terjal agar akselerasi tetap terjaga posisi shifter bergeser ke L. Begitu sudah agak landai bergeser lagi ke 2 , D-3 dan juga D. Walaupun penuh dengan penumpang dan barang bawaan, ternyata ketiga terios yang terdiri dari 2 tipe matik dan 1 manual berhasil mengatasi tantangan jalanan ini. 

Day 4  Pagar Alam - Empat Lawang
Kopi adalah salah satu komoditas andalan kabupaten Empat Lawang. Kopi di Empat Lawang ini berbeda. Kopi di Empat Lawang merupakan hasil percampuran Arabica dan Robusta. Wujud aslinya Robusta tapi aromanya Arabica

Alat Pengupas
Day 5 - 6 Empat Lawang - Curup - Bengkulu
Etape di Kota Rafflesia ini akan menjadi kunjungan acara CSR berupa penyerahan bantuan untuk Posyandu dan juga UKM. Lima Posyandu yang menerima bantuan adalah Anak Bangsa, Mekar Sari, Damai, Flamboyan dan Candra. Sedangkan UMKM yang mendapat bantuan adalah Tiara, Ikan Pais “Ibu Jumi”, Jepara Maju, Keripik Ikan EZ dan Kopi Bubuk Mandela.

Bantuan CSR
Day 7 - 13 Bengkulu - Banda Aceh
Jam Gadang
 Etape dari Bengkulu menuju Banda Aceh melalui Bukit Tinggi - Tarutung - Medan - Langsa - Takengon  sudah kami prediksi bakal menguji fisik dan stamina. Rute perjalanan kali ini melalui pantai barat Sumatera. 

Perjalanan panjang 7-Wonders sudah mencapai separuh lebih dari rute yang direncanakan ketika tim sudah berada di Medan. Selain untuk memulihkan stamina selama 2 malam di Medan tim juga melakukan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini disinergikan dengan program CSR PT. Astra Daihatsu Motor (ADM).
Posyandu Kenanga 1
Bantuan UMKM
Untuk di Medan acara simbolis penyerahan bantuan kepada 2 Posyandu dan 5 UMKM dilakukan di dealer Daihatsu, Jalan Sisingamangaraja No. 170, Medan. Kedua Posyandu Binaan yaitu Posyandu Kenanga 1 dan Mawar XII. Sedangkan UMKM yang mendapat bantuan adalah Wolken (pembuat bantal+guling), Keripik Pisang Bu Nur, Keripik Cap Merak, Berkat Rahmat dan juga Sirup Markisa Brastagi Bee. Total bantuan program ini nilainya mencapai lebih dari Rp 200 juta.
Day 14 Banda Aceh - Sabang
Penyerahan Sertifikat Kepada Tim Terios 7 Wonders Expedition
Rangkaian perjalanan panjang tim Terios 7-Wonders sepanjang 3.657 km selama 15 hari berakhir di tugu “Nol” Kilometer tepat pukul 12.48 WIB pada tanggal 24 Oktober 2012.


2 responses to “DAIHATSU TERIOS, SAHABAT PETUALANG!

  1. Pokoknya Terios memang oke, memang oye..... btw, reviewnya lengkap mas, mantep

  2. hehehe .. bener, terios top bgt ..
    makasih mas, tapi review punya masnya juga keren kok .. variatif, keren, lengkap ..

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RECENT COMMENT

2012 Mukhamad Aji Putra. Diberdayakan oleh Blogger.