Wayang itu Indonesia




Tang.. Ting .. Tung ..Tang.. Ting .. Tung ..Tang.. Ting .. Tung ..
Bunyi-bunyian yang tidak asing lagi bagi saya. Suara khas yang memiliki unsur keindahan yang luar biasa. Yang setia mengiringi suatu pertunjukkan yang awam bagi saya. Suara apakah itu? Pertunjukkan apakah itu?
Itu merupakan alat musik gamelan yang selalu ada disetiap pertunjukkan wayang di Indonesia.
Apakah benar wayang seni asli Indonesia??
Ya benar .. Wayang merupakan seni pertunjukkan asli Indonesia. Seperti kerabat dekatnya, yaitu batik. Yang merupakan salah satu seni Indonesia yang diakui dunia. Dibawah ini saya akan tampilkan beberapa kutipan kata yang mungkin dapat memberikan sedikit informasi kepada anda.. 
UNESCO, lembaga yang membawahi kebudayaan dari PBB, pada 7 November 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukkan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity). Sebenarnya, pertunjukan boneka tak hanya ada di Indonesia. Banyak negara memiliki pertunjukkan boneka. Namun, pertunjukkan bayangan boneka (Wayang) di Indonesia memiliki gaya tutur dan keunikkan tersendiri, yang merupakan mahakarya asli dari Indonesia. Dan untuk itulah UNESCO memasukannya ke dalamDaftar Warisan Dunia pada tahun 2003.
Banyak dari anda yang belum mengenal apa itu wayang?
Disini saya akan berbagi dengan anda.
Wayang?
Apa itu wayang? Mungkin itu kalimat yang anda pikirkan sekarang bagi anda yang belum mengenal wayang. Dilihat dari sudut pandang terminologi ada beberapa pendapat mengenai asal kata wayang. Pendapat pertama mengatakan wayang berasal dari katawayangan atau bayangan yaitu sumber ilham, yang maksudnya yaitu ide dalam menggambar wujud tokoh. Sedangkan pada pendapat kedua mengatakan kata wayang berasal dari Wad dan Hyangartinya leluhur. Dan dalam Kamus Bahasa Indonesia Wayang berarti sesuatu yang dimainkan ki Dalang berupa gambar pahatan dari kulit binatang, melambangkan watak-watak manusia.


Dibawah ini saya akan menampilkan pula penampakkannya untuk anda. :-)



4 responses to “Wayang itu Indonesia

  1. nice post.
    sayang nya ane ga ngerti bahasa inggris. ada subtitlenya ?hhe
    +1

  2. iya d.uplod yang bahasa indo juga aja

  3. Wayang mungkin perlu di modifikasi biar lebih menarik lagi kawan, coz selama ini kaula muda g' demen dengan yang namanya wayang.

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

RECENT COMMENT

2012 Mukhamad Aji Putra. Diberdayakan oleh Blogger.